FTIK IAIN Manado— Selasa, 26 Februari 2024. Salah satu dari Tri Dharma (tiga ajaran kebenaran) perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat, di mana tugas ini mengharuskan perguruan tinggi memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat.  Hal yang sama juga dilakukan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam yang senantiasa mendorong mahasiswanya melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai komitmen program studi untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Di antara kegiatan yang telah dilakukan adalah mendorong mahasiswa prodi MPI untuk menggalakan kegiatan berbasis pengabdian sebagaimana yang telah tertuang dalam kegiatan abdi desa (dapat diakses di sini), serta kegiatan MPI Tour dirangkaikan dengan Sosialisasi Pogram Studi MPI yang diselenggarakan selama dua minggu yakni pada Senin, 12 Februari hingga Jumat 23 Februari 2024.

Brosur Program Studi MPI yang didistribusikan di lokasi kegiatan

Kegiatan MPI Tour merupakan bagian dari program kerja HM-PS MPI yang telah dirancang bersama dengan pihak prodi. Kegiatan ini memfokuskan pada pengabdian masyarakat khususnya lembaga pendidikan dengan tujuan mengasah dan meningkatkan soft skill mahasiswa MPI khususnya di bidang kepemimpinan. Selain itu, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan sosialisasi program studi MPI yang secara teknis dilakukan oleh HMPS MPI beserta mahasiswa MPI.

Kegiatan MPI Tour kali ini dilakukan di tiga wilayah yakni Kota Bitung yang bertempat di MAN 1 Kota Bitung dan MA Arafa Kota Bitung, Kepulauan Sangihe yang bertempat di SMK Muhammadiyah Naha dan MA Muhammadiyah Petta, serta Tidore kepulauan yang bertempat SMK Negeri 1 Tidore Kepulauan.

Kegiatan di wilayah Kota Bitung dan kabupaten Sangihe dipimpin oleh ketua HM-PS Firmansyah Lentang bersama pengurus Divisi di antaranya Sukma Lahinda, Tiara Janis, Putri Syafi’ie, Noval Makangiras dan Wahyudi Mamuntu. Sedangkan kegiatan di Tidore Kepulauan dipimpin langsung oleh sekretaris HMPS MPI Khairiyah Sari Wijaya yang memang berasal dari Tidore Kepulauan.

Adapun beberapa point yang disampaikan yaitu perkuliahan di prodi MPI, Visi-Misi prodi MPI, serta  pengalaman mahasiswa MPI yang berhasil melatih kemampuan soft skill khususnya di bidang kepemimpinan saat kuliah di prodi MPI (adm/AM)*

*****

Dokumentasi Kegiatan MPI Tour (MA Arafah Bitung, MAN 1 Kota Bitung, SMK Muhammadiyah Naha, MA Muhammadiyah Petta, SMK Negeri 1 Tidore Kepulauan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *