Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado sukses menggelar kegiatan Webinar Nasional dan Kuliah tamu pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama prodi MPI dan Himpunan Mahasiswa Program Studi  (HM-PS) MPI ini mengangkat tema “Kepemimpinan Pendidikan Dalam Mewujudkan Pendidikan Inovatif dan Human Capital Unggul”

Sekretaris Prodi sekaligus plt. Karpodi MPI Abdul Muis Daeng Pawero, M.Pd dalam memberikan sambutan

Adapun peserta yang turut hadir dalam kegiatan tersebut tidak hanya dari mahasiswa program sarjana Prodi MPI IAIN Manado, tetapi juga beberapa mahasiswa MPI program pascasarjana IAIN Manado. Selain itu, peserta yang hadir mengikuti kegiatan juga datang dari prodi MPI di beberapa perguruan tinggi lainnya di antaranya Mahasiswa Prodi MPI UIN Palu, MPI Universitas Darunnajah Jakarta, MPI IAIN Takengon, MPI STAI Al-Badar Cipulus Purwakarta, MPI UIN Raden Intan Lampung, MPI program sarjana dan pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan lain sebagainya.

Sambutan Dekan FTIK Dr. Arhanuddin, M.Pd.I sekaligus membuka acara

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yang pertama Prof. Dr. H. Badrudin, M.Ag., CIIQA, CEAM sebagai Guru Besar bidang Administrasi Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung sekaligus ketua Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS), sedangkan narasumber ke dua ibu Dr. Sri Rahmi, M.A. sebagai Ketua Perkumpulan Program Studi MPI Indonesia (PPMPI). Moderator yang memimpin jalannya diskusi adalah sekretaris prodi MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, ibu Nora Saiva Jannana, M.Pd. Selain itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Dr. Feiby Ismail, M.Pd selaku Bendahara Umum PPMPI, beserta para dosen Prodi MPI FTIK IAIN Manado.

Narasumber pertama, Prof. Dr. H. Badrudin, M.Ag., CIIQA, CEAM

Dekan FTIK IAIN Manado dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada prodi MPI yang telah sukses menyelenggarakan webinar nasional dan kuliah tamu tahun 2023 ini. Ia juga mengapresasi dan menyambut baik atas topik webinar yang diangkat. Menurutnya tema tersebut sangat relevan dengan konteks perkembangan pendidikan yang semakin dihadapkan dengan tantangan perubahan teknologi dan dinamika sosial. Dekan juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran narasumber dan moderator, yang dengan kapasitas keilmuan dan pengalaman  yang mumpuni baik level nasional maupun internasional namun berkenan membagi ilmu yang bermanfaat dalam kegiatan webinar nasional dan kuliah tamu prodi MPI.

Narasumber kedua, Dr. Sri Rahmi, M.A

Selanjutnya, Sekretaris Program Studi MPI sekaligus plt. Ketua Program Studi MPI FTIK IAIN Manado Abdul Muis Daeng Pawero, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada narasumber dan moderator yang berkenan hadir untuk berbagi ilmu kepada prodi MPI IAIN Manado dan para peserta webinar yang hadir. Ia juga menyampaikan bahwa tema yang diangkat dalam diskusi berangkat dari ide yang berkembang dalam diskusi lepas bersama mahasiswa MPI terkait dengan pendidikan yang unggul dan berdaya saing. Dalam diskusi tersebut kemudian muncul gagasan bahwa pendidikan unggul dan berdaya saing dapat dicapai jika kepemimpinan di dalamnya senantiasa berinovasi dan dapat melahirkan SDM atau personalia pendidikan yang Unggul. Berdasarkan diskusi-diskusi ringan tersebut-lah kemudian melahirkan tema webinar nasional kuliah tamu MPI yang diselenggarakan pada hari ini.

Nora S. Jannana, M.Pd, selaku sekretaris prodi MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, bertugas sebagai moderator yang memimpin jalannya diskusi

Prof. Dr. H. Badrudin, M.Ag selaku narasumber pertama menyampaikan bahwa kepemimpinan pendidikan pada prinsipnya adalah kemampuan untuk mempengaruhi peningkatan proses pembelajaran dan pengembangan pendidikan dengan tujuan mencapai keunggulan akademik dan perkembangan holistik siswa. Ia juga menyampaikan bahwa kepemimpinan pendidikan melibatkan kemampuan untuk merumuskan visi, mengembangkan strategi, dan menginspirasi seluruh komunitas pendidikan,  termasuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, staf pendukung, serta orang tua untuk mencapai tujuan pendidikan yang jelas dan memberikan dampak positif dalam dunia pendidikan.

Selanjutnya, Dr. Sri Rahmi, M.A selaku narasumber ke dua menyampaikan empat kriteria yang harus dimiliki pemimpin pendidikan yaitu, 1) Kematangan diri baik dari sikap, pikiran pengalaman, hingga spiritualitas 2) Percaya diri dalam menghadapi segala situasi dan kondisi, 3) Memiliki kemampuan Relation Skill yang baik, dan 4) Memiliki daya juang tinggi. Selain  itu, ibu Rahmi juga menyampaikan pesan penting terkait dengan kepemimpinan yaitu “Pemimpin Sukses Selalu Kelebihan Satu Cara, Sedangkan Pemimpin Gagal Selalu Kelebihan Satu Alasan”.

Setelah penyampaian materi, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab dan diskusi dan diakhiri dengan penutupan dan dokumentasi (adm/muis)*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *