Dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) program Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) tahun 2023, segenap unsur pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyelenggarakan kunjungan ke lokasi PPKT.

Untuk efektivitas dan efisiensi, Kunjungan tersebut dibagi dalam empat kelompok yang masing-masing  dipimpin unsur pimpinan FTIK  yaitu Dekan FTIK Dr. Arhanuddin, M.Pd.I, Wakil Dekan I Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I, Wakil Dekan II Dr. Nurhayati, M.Pd.I, serta Wakil Dekan III Dr. Ishak Talibo, M.Pd.I.

Kunjungan tersebut juga turut didampingi oleh panitia PPKT yaitu Wadan Y. Anuli, M.Pd selaku ketua panitia, Abrari Ilham, M.Pd selaku sekretaris panitia dan Wiradharma Kostradi, S.T selaku bendahara panitia.

Salah satu kunjungan dalam rangka monev dilaksanakan di posko Desa Lolanan yaitu Pondok pesantren Al-Luthfi dan Posko Desa Cempaka. Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Wakil Dekan I Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I, didampingi oleh DPL Abdul Muis Daeng Pawero, M.Pd dan Ismail K. Usman, M.Pd

Kegiatan monev PPKT ini pada prinsipnya bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dan dinamika yang muncul selama proses pelaksanaan PPKT.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sarana mendiskusikan program-program akademik dan pengabdian masyarakat yang dapat dikolaborasikan antara pihak kampus dan pihak sekolah.

https://www.high-endrolex.com/6

Dalam kunjungan di pondok Pesantren Wakil Dekan I bersama pimpinan pondok pesantren Ari Paputungan, S.Pd.I mendiskusikan kolaborasi antara FTIK IAIN Manado dan Pondok Pesantren Al-Luthfi terkait prospek pengembangan pembelajaran pondok pesantren, khususnya pada aspek pengembangan kompetensi santri dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam diskusi tersebut, kedua pihak membicarakan tentang program peningkatan kompetensi siswa dan pengabdian kepada masyarakat khususnya masyarakat pesisir, mengingat letak geografis pesantren yang berada wilayah pesisir.

Setelah berbincang sekitar dua jam bersama pimpinan Pondok, dan Kepala-kepala Madrasah, Wakil Dekan I dan DPL kemudian melanjutkan kunjungan ke Sekolah di desa Ayong dan desa Cempaka, kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow.

Secara keseluruhan, hasil kunjungan tersebut berjalan lancar dan disambut baik oleh pihak sekolah. Berdasarkan testimoni, pihak sekolah dan madrasah mengapresiasi kinerja mahasiswa PPKT sampai sejauh ini. Pihak sekolah juga berharap agar program ini dapat dilanjutkan dan semakin ditingkatkan agar semakin membawa manfaat bagi lembaga pendidikan dan masyarakat* (admin/muis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *