• March 16, 2021
  • admin
  • 0
Asesmen Lapangan Prodi PAI, 22 – 23 Februari 2021

IAIN Manado – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado di tengah situasi pandemi Covid-19, sukses membawa dua program studinya meraih status akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yakni Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan peringkat akreditasi A dan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dengan peringkat akreditasi B.

Dengan demikian, seluruh program studi yaitu sebanyak enam program studi yang dikelola di FTIK telah mendapat status akreditasi nasional dari BAN-PT dengan peringkat A dan B dimana Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan akreditasi A, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dengan akreditasi B, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dengan akreditasi B, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dengan akreditasi B, Tadris Bahasa Inggris (TBI) dengan akreditasi B, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dengan akredtasi B.

Asesmen Lapangan Prodi PIAUD, 8-9 Maret 2021

Keberhasilan mengantarkan kedua program studi (PAI dan PIAUD) meraih status akreditasi nasional dari pihak eksternal khususnya di masa pandemi Covid-19 ini merupakan hasil kerja sama dan kerja keras tim akreditasi kedua program studi beserta seluruh jajaran pimpinan fakultas. Demikian pula, dukungan pimpinan rektorat mulai dari Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro, dan jajaran pejabat struktural Eselon III dan Eselon IV yang secara langsung maupun tidak langsung telah ikut memberikan dukungan dalam melancarkan dan menyukseskan program aktreditasi program studi di FTIK.

Dukungan dan kerja sama yang baik dari seluruh dosen dan tenaga kependidikan (Tendik) di lingkungan FTIK juga sangat penting. Penyiapan berbagai dokumen akreditasi dapat dilakukan dengan lancar tidak lepas dari dukungan dan kerja sama yang baik dari para dosen dan Tendik. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Dekan FTIK, Dr. Ardianto, M.Pd bahwa keberhasilan mengantarkan akreditasi program studi, PAI dan PIAUD, merupakan keberhasilan bersama. “Keberhasilan meraih status akreditasi program studi merupakan keberhasilan bersama. Mempersiapkan dokumen akreditasi yang sangat banyak dan kompleks tersebut tentu tidak bisa dilakukan oleh Kaprodi atau Dekan saja, melainkan atas kerja sama semua pihak”, tutur Dekan.

Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Atau, dengan kata lain, akreditasi memberikan jaminan bahwa institusi pengelola pendidikan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.

Harapan ke depan ialah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan status akreditasi. Ini sudah barang tentu harus dilakukan melalui program-program yang terencana berbasis standar akreditasi yang saat ini telah diimplementasikan oleh BAN-PT yakni sembilan standar (kriteria) akreditasi. (at)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป