Visi, Misi, dan Tujuan

Visi FTIK IAIN Manado

Mewujudkan visi misi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado Menjadi Pusat Pendidikan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang Bermutu Berbasis Masyarakat Multikultural di Asia Tenggara Tahun 2035.

Visi ini merupakan pengembangan dari visi FTIK IAIN Manado sebelumnya. Pengembangannya terletak pada target wilayah dan tahun pencapaian. Pengembangan ini disesuaikan dengan visi Rektor periode 2019-2023. Dengan demikian, visi yang diemban merupakan penguatan dan kelanjutan dari visi FTIK yang ada saat ini.


Misi FTIK IAIN Manado

Untuk mewujudkan visi yang telah dirumuskan, maka misi yang diemban sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas dan inovatif berbasis multikultural
  2. Menyelenggarakan perencanaan dan realisasi pendanaan secara kolaboratif, partisipatif, transparan, dan akuntabel
  3. Mengembangkan pengelolaan kemahasiswaan melalui perbaikan pelayanan
  4. Mengembangkan pelaksanaan kerja sama baik lokal, nasional, maupun internasional untuk peningkatan kualitas SDM serta kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi
  5. Menyelenggarakan penjaminan mutu akademik fakultas secara berkelanjutan, sebagai dasar penentuan kebijakan, dan menjamin peningkatan akreditasi institusi sampai program studi.

Tujuan FTIK IAIN Manado

Adapun tujuan yang akan dicapai, yaitu:

  1. Terwujudnya Tri Dharma perguruan tinggi yang berkualitas dan inovatif serta selaras dengan kebutuhan masyarakat sehingga dapat (a) menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi dan kompeten dalam bidangnya, (b) menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas, baik berskala regional, nasional, maupun internasional, dan (c) menghasilakan gagasan pengabdian masyarakat  yang kreatif  yang dapat  menjawab  kebutuhan masyarakat  dan memotivasi pemberdayaan masyarakat.
  2. Terwujudnya perencanaan dan pendanaan yang kolaboratif, partisipatif, transparan dan akuntabel dengan melibatkan secara aktif semua program studi dan unit di lingkungan fakultas.
  3. Terwujudnya   pengelolaan   kemahasiswaan   melalui   perbaikan   pelayanan, sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu dan dapat berekspresi sesuai kecenderungan minat dan bakatnya untuk pengembangan kapasitas dirinya.
  4. Terwujudnya kerja sama baik lokal, nasional maupun internasional untuk peningkatan kualitas SDM serta kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi
  5. Terwujudnya penjaminan mutu akademik fakultas secara berkelanjutan sebagai dasar  penentuan  kebijakan,  dan  menjamin  peningkatan  Akreditasi  Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dan Program Studi.