Sejarah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) adalah satu dari empat fakultas yang ada pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado saat ini. Secara historis keberadaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado bermula dari Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado sejak tahun 1997 (tepatnya tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H).

Pengembangan status kelembagaan Jurusan Tarbiyah menjadi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) terjadi pada tahun 2015 setelah resmi beralih status kelembagaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado berdasarkan Peraturan Presiden No. 147 Tahun 2014 tentang Perubahan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Manado Menjadi Institut Agama Islam Negeri Manado. Perubahan status kelembagaan  STAIN Manado menjadi IAIN Manado ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, di Istana Negara pada tanggal 19 Desember 2014.  

Status kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado memperoleh kembali mendapat penguatan dengan terbitnya Peraturan Menteri Agama (KMA) Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Negeri Manado. Dalam KMA Nomor 11 Tahun 2015 tersebut khususnya pada Pasal 11 disebutkan bahwa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado terdiri dari empat fakultas, yakni (1) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,  (2) Fakultas Syariah, (3) Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah; dan (4) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.  

Transformasi kelembagaan dari Jurusan Tarbiyah menjadi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan itu membawa implikasi terhadap pengembangan dan perubahan lainnya, terutama pengembangan program studi. Dalam perkembangannya, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado hingga saat ini telah memiliki enam program studi. Keenam program studi tersebut adalah  Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi PAI), Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (Prodi MPI), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Prodi PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Prodi PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Prodi PIAUD) dan Program Studi Tadris Bahasa Inggris (Prodi TBI).

Selama perjalanan dan perkembangannya, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado sudah mengalami tiga periodesasi kepemimpinan (Dekan) sebagai berikut:

  1. Dr. Muhammad Idris, M.Ag. (2015-2018)
  2. Dr. Muhammad Idris, M.Ag. (2018-2019)
  3. Dr. Ardianto, S.Pd., M.Pd. (2019 – Sekarang)