Raker Organisasi Mahasiswa FTIK IAIN Manado

Raker Organisasi Mahasiswa FTIK IAIN Manado

IAIN Manado – Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado pada Jumat (31/01/2020) selenggarakan Rapat Kerja (Raker). Kegiatan yang bertempat di aula Lt. 1 Gedung Kuliah Terpadu IAIN Manado tersebut mengusung tema “Mewujudkan Visi dan Misi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan Orwawa yang Produktif, Kreatif, dan Inovatif”.

Peserta Raker tersebut adalah perwakilan Ormawa, baik dari Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Mahasiswa (Dema) FTIK IAIN Manado, maupun Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) di lingkungan FTIK IAIN Manado. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan FTIK IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd. Dalam sambutannya, Dekan mengingatkan kepada para pengurus Ormawa FTIK agar dalam menyusun program kerja harus diorientasikan pada kegiatan atau program yang lebih memperkuat keunggulan mahasiswa di bidang akademik dan pengembangan minat dan bakat. Ia juga berharap agar program-program Ormawa dapat bersinergi dengan program-program fakultas dan program studi. “Ormawa harus menjadi salah satu pilar pendukung peningkatan mutu penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi”, ungkap Dekan.

Di akhir sambutannya, Dekan berpesan kepada para pengurus Ormawa agar menjaga profesionalitas dan menumbuhkan pola pikir konstruktif dalam setiap aktivitas kemahasiswaan. Para pengurus Ormawa juga diminta agar habitus dan marwah multikultural yang menjadi visi IAIN Manado terus dikembangkan secara positif dan konstruktif. “Jadilah mahasiswa yang cerdas dalam mengemban misi akademik dan kapabel melakukan kegiatan keorganisasian”, pungkas Dekan.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FTIK IAIN Manado, Dr. Feiby Ismail, M.Pd dalam sambutannya melaporkan bahwa pelaksanaan Raker Ormawa FTIK ini merupakan kelanjutan dari pelantikan Pengurus Ormawa di lingkungan IAIN Manado yang dilakukan secara serentak pada Selasa, 28 Januari 2020 yang lalu. “Dengan Raker ini diharapkan, program-program Ormawa FTIK dapat lebih terencana dan sesuai dengan tujuan kehadiran organisasi mahasiswa”, lanjutnya.

Secara khusus Feiby Ismail yang juga merupakan mantan aktivis mahasiswa melaporkan bahwa kegiatan Raker Ormawa FTIK ini merupakan kerja sama para pengurus Ormawa dengan unsur pimpinan fakultas terutama dari segi pendanaan kegiatan.

Turut hadir dalam acara pembukaan kegiatan para Pimpina Program Studi (Prodi) di lingkungan FTIK IAIN Manado, antara lain Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Ketua Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI), Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Sekretaris Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Kehadiran pimpinan fakultas dan program studi tersebut merupakan wujud komitmen dan kesiapan jajaran pimpinan mendukung dan membimbing para pengurus Ormawa dalam pelaksanaan kegiatannya.

Rapat kerja diawali dengan penyampaikan rencana program kerja yang diusulkan oleh masing Ormawa di tingkat Fakultas dan di tingkat Program Studi. Rancangan program kerja yang diusulkan memuat tujuan, waktu perencanaan, target ketercapaian serta alokasi dana yang dibutuhkan. Kegiatan ini diikuti secara antusias oleh para peserta dan terus didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FTIK IAIN Manado hingga berakhirnya kegiatan Raker. (at)

2 Responses

  1. Midiar halim berkata:

    Komentar kami selaku pengurus dema ftik yaitu :
    1. Adanya raker ini bertujuan agar supaya seluru ormawa yang ada di fakultas tarbiyah bekerja sama dalam hal program kerja yang akan di jalankan. Tapi, dalam presentasi tiap² orwama itu tidak ada yang membahas secara spesifik apa yang hendak di kerja samakan.
    2. Adapun kemarin yang sudah di sampaikan oleh wadek III mengenai proker untuk di adakan lomba. Mohon diperjelas agar kami selaku pengurus dema bisah tahu dengan jelas apa yang hendak kita cantumkan kedalam program kerja. Seharusnya itu dibahas juga bersamaan dengan raker yang di adakan bersama. Tapi, itu tidak di bahas.
    3. Adapun yang kami presentasikan hanya program kerja jangka pendek, agar supaya seluruh ormawa ftik bisa menanggapi apa yang kami presentasikan. Berhubung waktu yang diberikan tinggal 1 jam. Tapi, tidak ada sama sekali tanggapan dari ormawa ftik terkait apa yang kami presentasikan. Nah, dimana letak kerja samanya disini?
    4. Saran saya, agar setiap orwama itu bekerja sama. Walaupun garis instruksi dari Sema, Dema, dan HMPS hanya dengan wadek III tapi kita juga tidak melupakan garis koordinasi antara Sema, dema, dan HMPS.

  2. Midiar Halim berkata:

    Komentar kami selaku pengurus dema ftik terkait raker bersama seluruh ormawa ftik yaitu :
    1. Adanya raker ini bertujuan agar supaya seluru ormawa yang ada di fakultas tarbiyah bekerja sama dalam hal program kerja yang akan di jalankan. Tapi, dalam presentasi tiap² HMPS itu tidak membahas secara spesifik apa yang hendak di kerja samakan.
    2. Adapun kemarin yang sudah di sampaikan oleh wadek III mengenai proker untuk di adakan kegiatan berupa lomba. Ini menjadi acuan kita dalam bekerja sama, seharusnya itu dibahas juga bersamaan dengan raker yang di adakan bersama. Tapi, itu tidak di bahas.
    3. Adapun yang kami presentasikan hanya program kerja jangka pendek, agar supaya seluruh HMPS FTIK bisa menanggapi apa yang kami presentasikan. Berhubung waktu yang diberikan tinggal 1 jam. Tapi, tidak ada sama sekali tanggapan dari HMPS FTIK terkait apa yang kami presentasikan. Nah, dimana letak kerja samanya disini? Adapun berbentuk usulan, namun belum seutuhnya disepakti. Contoh: presentasi HMPS PBA, dan saya menanggapi kemudian memberikan saran agar diadakan kegiatan bersama. Begitu pula HMPS TBI yang di tanggapi oleh salah satu rekan pengurus Dema.
    4. Saran saya, agar setiap orwama itu bekerja sama dalam kegiatan jangka pendek yang spesifik “seperti kata pak dekan, sinergi dengan visi dan misi fakultas”. Walaupun garis instruksi dari Sema, Dema, dan HMPS hanya dengan wadek III tapi kita juga tidak melupakan garis koordinasi antara Sema, dema, dan HMPS.
    5. Kami selaku pengurus dema tidak bermaksud mencampuri program kerja HMPS FTIK. Tapi, yang kami usulkan hanya untuk koordinasi agar sesuai dengan rapat kerja bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *