Prodi TBI FTIK IAIN Manado selenggarakan English Festival

Prodi TBI FTIK IAIN Manado selenggarakan English Festival

Selasa, 5 November 2019 Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menyelenggarakan kegiatan pembukaan English Festival. Kegiatan ini menghadirkan peserta dari SMA, SMK, MA, serta MAK di kota Manado dan kota Bitung. Kegiatan dimulai dengan pembacaan kalam ilahi, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yaitu ketua Prodi TBI, Nurhalimah, M.Hum, dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan serta sambutan Rektor IAIN Manado sekaligus pembukaan kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor IAIN Manado, Delmus P. Salim, M.Res, Ph.D. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari yaitu; selasa 5 November s/d kamis 7 November.

Sambutan Rektor IAIN Manado

Sambutan Rektor IAIN Manado

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Manado menyampaikan beberapa point penting terkait dengan kegiatan English Festival ini. Rektor menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dorongan agar kedepan IAIN Manado dapat menjadi pelopor kesadaran khususnya kepada para generasi muda bahwa Bahasa Inggris adalah Global Language, maka generasi muda harus menjadi “master” dalam berbahasa Inggris. Selanjutnya, Rektor juga menyampaikan bahwa lebih dari itu, bahasa Inggris merupakan bahasa akademik yang menjadi indikator penting bagi para siswa maupun mahasiswa untuk mendapat beasiswa maupun melakukan perjalanan ke luar negeri. Karena itu, lanjut Rektor, kegiatan ini merupakan motivasi bagi para peserta lomba untuk dapat memperkuat kualitas berbahasa Inggris agar dapat memperoleh beasiswa Internasional maupun melakukan perjalanan ke luar negeri, serta memperluas jejaring hingga di level Internasional.

Sambutan Dekan FTIK IAIN Manado

Selanjutnya,  Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada program studi TBI serta panitia yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini. Kegiatan ini, lanjut Dekan, merupakan komitmen FTIK untuk terus meningkatkan performa fakultas khususnya di level program studi. Dekan juga menyampaikan bahwa para peserta khusunya dari sekolah-sekolah di kota Manado dan kota Bitung yang mengikuti kegiatan ini, patut merasa beruntung karena telah memiliki kesempatan untuk berkompetisi dalam English Festival ini. Selain sebagai pembelajaran, ini juga membuka peluang serta potensi bagi para peserta untuk lebih giat lagi meningkatkan kompetensinya agar dapat bergaul dalam masyarakat Internasional.

Sambutan Kaprodi TBI IAIN Manado sekaligus Ketua Panitia English Festival

Dalam penjelasannya, ketua prodi TBI Nurhalimah, M.Hum sekaligus ketua panitia English Festival memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kedua setelah sebelumnya Prodi TBI sukses menyelenggarakan kegiatan English Festival pertama. Selain itu, ketua prodi TBI juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan penting untuk meningkatkan performa berbahasa Inggris bagi generasi mendatang, khususnya sekolah-sekolah yang terlibat dalam lomba. Maka dalam hal ini, pilihan segmentasi lomba menjadi penting. Karenanya, program Studi TBI bersama panitia kemudian merumuskan tiga segmen yang dilombakan yaitu; English Speech yang dilombakan pada hari selasa setelah pembukaan, English Debate yang dilombakan pada hari rabu, dan English Singing Contest yang dilombakan pada hari kamis, dilanjutkan dengan penutupan dan penyerahan piala serta piagam penghargaan.

[Abdul Muis]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *