Pelantikan Ormawa FTIK IAIN Manado Periode 2020

Pelantikan Ormawa FTIK IAIN Manado Periode 2020

IAIN Manado – Selasa (28/01/2020), bertempat di Aula Gedung Terpadu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado, yakni Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi masa khidmat Tahun 2020 resmi dikukuhkan melalui pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan langsung oleh Dekan FTIK IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd yang didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Feiby Ismail, M.Pd.

Rektor IAIN Manado, Delmus Puneri Salim, MA., M.Res, Ph.D

Acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Ormawa FTIK yang dilakukan secara serentak oleh pengurus Ormawa tingkat Institut dan Fakultas itu dibuka oleh Rektor IAIN Manado, Delmus Puneri Salim, M.A. M.Res., Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor berharap bahwa program-program organisasi mahasiswa harus lebih berorientasi pada pengembangan minat dan bakat mahasiswa di bidang akademik maupun nonakademik misalnya di bidang seni dan olah raga. “Untuk mendukung orientasi program itu, tahun ini dana kegiatan ogranisasi kemahasiswaan kita tingkatkan”, ujar Rektor.

Rektor juga menyampaikan bahwa untuk mendukung program pengembangan minat dan bakat mahasiswa, mulai tahun 2020 IAIN Manado telah merintis pembentukan komunitas-komunitas mahasiswa untuk berbagai bidang minat dan bakat dan komunitas-komunitas yang ada tersebut akan mendapat dana pembinaan. “Hal ini bertujuan selain untuk menggali dan membina serta mengembangkan minat dan dan bakat mahasiswa, juga untuk mempersiapkan mahasiswa IAIN Manado sejak awal untuk dapat berkompetisi pada setiap perlombaan, baik dalam skala lokal, regional, maupun nasional”, ujar Rektor.

Secara terpisah, Dekan FTIK, Dr. Ardianto, M.Pd juga berharap bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pengurus Ormawa yang dilakukan serentak ini dapat menjadi titik awal transformasi dan reorientasi program organisasi mahasiswa di IAIN Manado sehingga tema pelantikan “Mengoptimalkan Akuntabilitas untuk Sinergitas Organisasi Mahasiswa IAIN Manado demi Terwujudnya Tridharma Perguruan Tinggi” dapat diwujudkan. “Program-program organisasi mahasiswa harus berorientasi pada pencapaian visi dan misi IAIN Manado”, lanjut Dekan.

Secara khsusus, Dekan FTIK berharap agar para pengurus Ormawa FTIK yang telah dilantik dalam kepemimpinannya harus mampu menjaga nama baik almamater dan menjunjung tinggi Kode Etik Mahasiswa, menjadi teladan yang baik untuk mahasiswa lain, lebih interaktif dan berkoordinasi efektif dengan unsur pimpinan Fakultas dan Program Studi dan mempererat silaturrahim, dan menjaga kebersamaan terutama di kalangan mahasiswa lintas Program Studi (Prodi), mengakomodasi mahasiswa yang potensial, yang memiliki kemauan dan kemampuan dan kapasitas untuk bekerja serta menjalankan program kerja yang menopang program FTIK. Ia mengingatkan bahwa para pengurus Ormawa harus membawa satu bendera yakni IAIN Manado. “Meskipun terdapat beragam latar belakang organisasi eksternal, demi kebersamaan khususnya kebersamaan mahasiswa FTIK, semua pengurus harus dapat bersinergi dan berkomunikasi efektif, serta menjadi motivator dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Studi dan Fakultas”, imbuhnya. (at)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *