IMPLEMENTATION OF AGREEMENT (PERJANJIAN KERJASAMA) ANTARA PBA IAIN MANADO DENGAN PBA UIN JAMBI

IMPLEMENTATION OF AGREEMENT (PERJANJIAN KERJASAMA) ANTARA PBA IAIN MANADO DENGAN PBA UIN JAMBI

FTIK IAIN Manado — Selasa, 20 April 2022, Hasnil Oktavera, M.Pd.I selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado berkunjung ke Universitas Islam Negeri (UIN) Jambi dalam rangka mempererat silaturrahmi dan kedekatan emosional, baik secara kelembagaan dan personal.

Salah satu bentuk kedekatan itu dituangkan dalam surat perjanjian kerjasama (Implementation of Agreement) antara kedua lembaga, yaitu Prodi PBA IAIN Manado dan Prodi PBA UIN Jambi, yang masing-masing diwakili oleh Kaprodi PBA IAIN Manado, Hasnil Oktavera, M.Pd.I dan Kaprodi PBA UIN Jambi, Budi Sanjaya, M.Ed., Ph.D., serta turut hadir menyaksikan dosen PBA UIN Jambi, antara lain: Dr. M. Qadri, M.Pd.I., Al-Mufadhol, M.Pd., dan Tomi Enramika, M.Pd.

Perjanjian Kerjasama (Implementation of Agreement) tersebut belangsung khidmat dan sederhana, serta dilaksanakan di ruangan Prodi PBA UIN Jambi. Adapun kesepakatannya meliputi kerjasama pada bidang penelitian, publikasi jurnal ilmiah, dan pengembangan bahasa Arab melalui kegiatan ilmiah. Fokus pemilihan isi perjanjian pada bidang penelitian diharapkan agar terciptanya semangat meneliti, budaya kolaboratif, dan prinsip “kesalingan” pada kedua lembaga yang berorientasi pada mutu, baik pada tingkatan dosen maupun mahasiswa. Saling mengisi, membesarkan, dan memberdayakan.

Harapan yang serupa pula digantungkan pada kerjasama publikasi jurnal ilmiah. Sebagai prodi yang baru memulai merintis pengelolaan jurnal ilmiah, PBA IAIN Manado, diharap dapat belajar dan mengadaptasi usaha-usaha yang telah dikembangkan oleh Prodi PBA UIN Jambi. Sedangkan fokus kerjasama pada poin ketiga merupakan upaya peningkatan kompetensi kebahasaan, yaitu bahasa Arab* (a.w.)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *