Gelar PBAK bagi Mahasiswa Baru

Gelar PBAK bagi Mahasiswa Baru

IAIN Manado – Selasa (08/09/2020) melalui aplikasi Zoom Meeting, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado lasanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2020/2021. Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama) FTIK, Dr. Feiby Ismail, M.Pd yang memandu pelaksanaan kegiatan melaporkan bahwa kegiatan PBAK tingkat fakultas sebagai salah satu rangkaian kegiatan PBAK IAIN Manado ini diikuti oleh 229 mahasiswa. “Mahasiswa yang megukuti PBAK ini adalah mereka yang telah memenuhi syarat administrasi dan melakukan pendaftaran PBAK secara online melalui google form”, lanjutnya.

Jajaran Pimpinan Fakultas (Dekan, Wakil Dekanm dan Kabag TU)

Kegiatan PBAK tingkat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WITA ini dibuka secara resmi oleh Dekan FTIK, Dr. Ardianto, M.Pd. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa tujuan utama pelaksanaan PBAK adalah memperkenalkan budaya akademik dan kemahasiswaan di perguruan tinggi sehingga mahasiswa baru mempunyai wawasan yang memadai tentang budaya akademik terutama budaya belajar di perguruan tinggi. Selain itu, yang juga yang tidak kalah pentingnya adalah budaya kemahasiswaan. Lebih lanjut dikemukakan bahwa dalam bidang kemahasiswaan, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat, baik di bidang akademik maupun nonakademik. “Kedua bidang ini harus dapat dikembangkan secara seimbang sehingga mahasiswa tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan sosial dan termasuk yang tidak kalah pentingnya ialah kecerdasan spiritual”, ungkapnya.

Mahasiswa Peserta PBAK

Kegiatan PBAK yang dilakukan secara virtual ini juga diisi pemberian materi tentang mekanisme perkuliahan termasuk mekanisme perkuliahan di masa pandemic Covid-19 yang disampaikan oleh Wakil Dekan I FTIK (Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga), Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I). Selain itu, juga kepada mahasiswa baru juga diperkenalkan profil program studi dan tenaga pengajarnya. Demikian pula, prosedur dan tata cara pengurusan administrasi akademik seperti pengurusan KRS juga turut dijelaskan kepada para mahasiswa baru. (at)

One Response

  1. ADE LANDA RUSUNANI berkata:

    Kegiatan PBAK tahun 2020 Adlh kegiatan pbak yg sangat berbeda Dari tahun tahun sebelumnya Dilakukan secara Daring tanpa tatap muka namun meskipun secara Via Online kegiatan pbak berjalan dengan Lancar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *