Gelar Kuliah Umum, FTIK Akan Hadirkan Guru Besar Universitas Negeri Malang

Gelar Kuliah Umum, FTIK Akan Hadirkan Guru Besar Universitas Negeri Malang

IAIN Manado – Mengawali perkuliahan Tahun Akademik 2020-2021, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado akan menggelar Kuliah Umum. Kuliah Umum yang akan digelar secara online itu akan menghadirkan Guru Besar Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd.

Dalam Kuliah Umum yang akan digelar pada Kamis, 01 Oktober 2020 ini akan dibahas tema Reinventing Pedagogi untuk (ke)Merdeka(an) Belajar. Tema tersebut diangkat dilandasi oleh satu refleksi kritis tentang gejala anamoli pendidikan. Gejala anamoli pendidikan ini sudah menjalar sampai kepada lembaga pendidikan agama yang diyakini mempunyai kekuatan moral menolak segala bentuk anomali dalam masyarakat.

Mestinya sekolah/kampus adalah tempat dimana anak-anak didik menemukan kegembiraan dan kebahagiaannya. Di sana, siswa/mahasiswa belajar tentang kejujuran, belajar tentang etika dan moral, belajar menjadi dirinya sendiri. Intinya, sekolah/kampus idealnya adalah tempat memanusiakan manusia merdeka.

Namun dalam praktik acap kali ditemui sebaliknya. Di sekolah anak-anak menjadi muram, kehilangan kegembiraan, dan terasing dari sesama teman. Mereka kehilangan kesempatan untuk menjadi anak-anak yang hidupnya diwarnai dengan kemerdekaan berpikir.

Padahal sejatinya proses belajar (pendidikan) butuh kemerdekaan berpikir sebab kemerdekaan berpikir harus melekat pada subyek yang melakukan proses belajar: anak ataupun orang dewasa. Dalam konteks inilah diskusi tentang reinventing pedagogi ditemukan relevansinya dengan tujuan (ke)merdeka(an) belajar yang menjadi topik utama kuliah umum FTIK ini. (at)

One Response

  1. Djoko Saryono berkata:

    Mantap, keren, antisipatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *