FTIK Perkuat Kerja Sama dengan Kanwil Kemenag Sulut

FTIK Perkuat Kerja Sama dengan Kanwil Kemenag Sulut

IAIN Manado – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, pada Kamis (19/05/2022) adakan kunjungan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Utara. Kunjungan FTIK yang dipimpin oleh Dekan, Dr. Ardianto, M.Pd, disambut langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulut, Anwar Abubakar, S.Ag., M.Pd.

Kunjungan FTIK ke Kanwil Kemenag Propinsi Sulut tersebut dalam rangka pendandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) sebagai tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara IAIN Manado dan Kanwil Kemenag Propinsi Sulut.

Selain agenda penandatanganan MoA, dalam kunjungan Dekan FTIK IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd bersama rombongan antara lain Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Feiby Ismail, M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam, Dr. Nurhayati, M.Pd.I, Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Nur Halimah, M,Hum., dan Sekretaris Program Studi Pendidikan Agama Islam, Abrari Ilham, M.Pd., turut dibicarakan beberapa hal di antaranya Pendidikan Profesi Guru (PPG), peningkatan mutu pendidikan madrasah, dan peningkatan kualitas dan profesionalisme guru terutama di bidang penulisan karya ilmiah. Juga turut dibicarakan prospek lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terutama lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

“Terkait dengan Program Pendidikan Profesi Guru, FTIK sangat mengharapkan Kanwil Kemenag Sulut melalui pak Kakanwil dapat memberikan dukungan berupa rekomendasi pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru di FTIK IAIN Manado”, harap Dekan.

Secara khusus, Dekan FTIK juga menitipkan kepada Kakanwil Propinsi Sulut terkait dengan serapan lulusan FTIK khususnya lulusan Prodi Manajemen Pendidikan Islam, yang selama ini belum terakomodasi maksimal dalam usulan kualifikasi pendidikan untuk mengisi formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kanwil Kemenag Propinsi Sulawesi Utara.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Propinsi Sulut, Anwar Abubakar, S.Ag., M.Pd. yang turut didampingi oleh Kepala Bidang Pendis, Ahmad Sholeh, S.Pd, M.Pd menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kunjungan FTIK IAIN Manado. Juga rencana kerja sama yang akan dilakukan oleh FTIK IAIN Manado dan Kanwil Kemenag di waktu-waktu mendatang.

“Sektor pendidikan di Sulawesi Utara khususnya di lingkungan madrasah sangat membutuhkan perhatian yang serius. Dan hal ini tentu menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu, kami mengapresiasi inisiatif FTIK IAIN Manado untuk mengadakan perjanjian kerja sama ini dalam rangka pelaksanaan program pengembangan sektor pendidikan”, ungkap Kakanwil.

Kakanwil Kemenag juga secara khusus menyampaikan dukungannya terkait dengan rencana FTIK IAIN Manado untuk membuka Program Pendidikan Profesi Guru. Menurutnya, ini adalah salah satu wujud perhatian kita terhadap peningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam jabatan melalui program pendidikan profesi guru. (at)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *