DEMA FTIK Gelar Pelatihan Academic Writing

DEMA FTIK Gelar Pelatihan Academic Writing

IAIN Manado – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Kamis (22/07/2021), menggelar pelatihan Academic Writing; Research Paper dengan tajuk “Improve your Current, Prepare your Future”.

Tidak tanggung-tanggung, DEMA FTIK kali ini menghadirkan narasumber ahli dari Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, Novi Mayasari, S.Pt., M.Sc., Ph.D. Ibu Novi yang merupakan dosen tetap pada Fakultas Peternakan UNPAD Bandung memiliki reputasi akademik yang sangat baik sebagaimana tampak pada profil google scholar beliau.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring menggunakan platform video conferencing melalui zoom meeting ini dibuka secara resmi oleh Dekan FTIK IAIN Manado, Dr. Ardianto, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus DEMA FTIK yang menginisasi kegiatan pelatihan Academic Writing; Research Paper ini dalam situasi kampus sedang di-lockdown. Menurutnya, kegiatan pelatihan yang digagas oleh DEMA FTIK ini sangat penting dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun tugas akhir.

“Kendala akademik yang paling banyak dihadapi oleh mahasiswa tingkat akhir adalah penulisan tugas akhir atau skripsi, dan itulah sebabnya pilihan topik kegiatan DEMA FTIK ini sangat relevan bagi mahasiswa”, ungkap Dekan.

Sementara itu, Audrey Kirana Halim, Ketua DEMA FTIK IAIN Manado, yang menyampaikan sambuatan mengawali sambutan Dekan, mengungkapkan bahwa kegiatan DEMA FTIK IAIN Manado ini bertujuan memberikan bekal keterampilan bagi mahasiswa FTIK khususnya mahasiswa semester akhir dalam hal penyusunan skripsi sebagai salah satu tugas akhir untuk meraih gelar sarjana. Audrey melaporkan bahwa kegiatan DEMA FTIK ini juga diikuti oleh jajaran pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi di lingkungan FTIK IAIN Manado.

Kegiatan pelatihan yang dipandu oleh Bela, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam ini, berlangsung sangat dinamis dan diikuti secara antusias oleh para peserta pelatihan. Hal ini terutama karena narasumber, Novi Mayasari, S.Pt., M.Sc., Ph.D, sangat interaktif dan komunikatif dengan para peserta. Materi yang disajikan sangat praktis dan diperkaya dengan berbagai contoh serta tips-tips efektif dalam penulisan akademik.

Ibu Novi, demikian beliau akrab disapa, yang menyelesaikan pendidikan S2 dan S3 di Belanda, juga membagi pengalamannya mengunjugi beberapa negara di dunia sebagai motivasi kepada mahasiswa. Menurutnya, ketekunan menulislah yang membuat ia dapat mengunjungi beberapa negara di dunia. Oleh karena itu, ia mendorong mahasiswa agar secara terus-menerus meningkatkan keterampilan menulis. “Improve the present, prepare the future”, ungkapnya.

Menariknya lagi, ibu Novi bekerja sama dengan pelaksana kegiatan menyiapkan door prize yang diperuntukkan bagi peserta yang dapat memberikan jawaban tepat terhadap quis-quis yang diberikan di akhir kegiatan.

Juga hadir dalam kegiatan DEMA FTIK ini adalah Wakil Dekan III FTIK IAIN Manado, Dr. Feiby Ismail, M.Pd, yang juga ikut menyampaikan closing statement di akhir kegiatan dan memberikan door prize sebagai motivasi dan penyemangat bagi mahasiswa. (at)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *